Tinjau Banjir Welahan, Dandim 0719/Jepara Bersama Pj. Bupati Serta Kapolres Serahkan Bantuan hingga Beri Solusi

JEPARAwartaglobalnusantara.com – Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta bersama Dandim Letkol Inf Mokhamad Husnur Rofiq serta Kapolres AKBP Warsono meninjau lokasi terdampak banjir di Desa Gedangan, Kecamatan Welahan, Senin (2/1/2023). Selain untuk melihat kondisi terkini, menyerahkan bantuan, juga mengupayakan agar fenomena serupa tak kembali terulang.

Menurut Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta, pihaknya telah memerintahkan instansi terkait untuk segera melakukan langkah-langkah konkret. Harapannya supaya kejadian tersebut tak terus terulang setiap tahun. Antara lain pengadaan mesin pompa air. “Saya sudah perintahkan ke BPBD, Bu Camat, dan Pak Petinggi untuk membeli pompa penyedot air lengkap,” ujarnya.

Di samping itu, Penjabat Bupati juga memerintahkan kepada jajarannya untuk melakukan sejumlah pembenahan, baik pada saluran maupun pintu air. Meski ada keterbatasan kemampuan keuangan daerah, ia bakal berupaya berkoordinasi dengan pemerintah provinsi. Termasuk dengan pihak Balai Besar Wilayah Sungai¬†atau BBWS. “Kita kaji, saya minta dalam satu bulan harus ada hasilnya,” tandasnya.

Menurut Pj. Bupati Jepara, dalam upaya tersebut perlu pula ada kolaborasi bersama masyarakat. Hal ini agar penanganan banjir bisa optimal. Seperti mengimbanginya dengan tak membuang sampah sembarangan. Oleh karena itu, pihaknya pun bakal melakukan penataan pada fasilitas pembuangan di lokasi pasar setempat.

Sebelum melihat kondisi permukiman warga yang masih digenangi air, rombongan tersebut terlebih dulu meninjau dapur umum di Balai Desa Gedangan. Penjabat Bupati Edy lalu menyapa warga di tengah aktivitas memasak. Dilanjutkan berbincang dengan petinggi setempat, Jayus Santoso. Kemudian menyerahkan berbagai macam bantuan bagi warga.

Sebelumnya, Pentinggi desa Gedangan Jayus Santoso menyampaikan jika banjir tersebut telah menjadi langganan tiap tahun. Terjadi akibat limpasan air dari Sungai Serang Welahan Drainase atau SWD I dan Kali Wulan. Kali ini, atas kejadian itu sedikitnya tiga wilayah terdampak, meliputi RT 2 dan 3 di RW 1 serta RT 1/ RW 2. “Mohon supaya menindaklanjuti agar tidak terus-terusan seperti ini,”pintanya.

Dalam tinjauannya, Penjabat Bupati Jepara bersama Dandim 0719/Jepara dan Kapolres Jepara turut didampingi sejumlah pimpinan perangkat daerah dan lembaga terkait, seperti PMI dan Baznas.

Ketika ditemui, Dandim 0719/Jepara Letkol Inf Mokhamad Husnur mengatakan bahwa kegiatan peninjauan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi saat ini pemukiman warga yang masih terendam oleh banjir.

Selain itu, Dandim 0719/Jepara juga memerintahkan, kepada jajarannya Koramil 06/Welahan untuk membantu kesulitan warganya. “Karena sudah menjadi tugas dan kewajiban sebagai aparat teritorial untuk membantu kesulitan warga,” Kata Dandim. (Pendim 0719/Jepara).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *