Penelitian ETLE Di Ekswil Semarang Dilaksanakan Puslitbang Polri

Demak – wartaglobalnusantara.com – Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri melaksanakan penelitian tentang dinamika penerapan Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE) di Kantor Polrestabes Semarang, Senin (30/9/2024).

Jajaran Polres yang dilakukan penelitian yaitu Ekswil Semarang dan Grobogan meliputi Polrestabes Semarang, Polres Demak, Polres Kendal, Polres Semarang, dan yang terakhir Polres Grobogan.

Kapuslitbang Polri Brigjen Pol Drs. Iswyoto Agoeng Lesmana Doeta M.Si., selaku penanggung jawab kegiatan, Kombes Pol Frans Tjahyono, S.I.K., MH sebagai ketua Tim dengan anggota Pembina TK. I Budi Triyanto,S.Sos, selaku sekertaris, Penata Tk. I Fajar Istiono, S.T. dan Tiga anggota lainnya serta di dampingi Prof. Dr. Dwi Purwoko, selaku konsultan dari BRIN.

Brigjen Pol Drs. Iswyoto mengatakan kegiatan tersebut bertujuan Menganalisis Implementasi Kebijakan program ETLE dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi program ETLE dalam mendukung terwujudnya Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalulintas (Kamseltibcarlantas).

“Kamseltibcarlantas merupakan tujuan yang diinginkan setiap pengguna jalan, perilaku pengguna jalan sangat berpengaruh terhadap terwujud atau tidak nya Kamseltibcarlantas,” kata Brigjen Pol Drs. Iswyoto.

Kehadiran ETLE di titik -titik strategis sebetulnya mampu memberikan pengaruh kepada masyarakat untuk semakin meningkatkan kesadaran hukum tertib berlalulintas.

“Dalam praktek dilapangan masih belum dilaksanakan secara maksimal dikarenakan kendala-kendala yang dihadapi, seperti kurangnya jumlah Kamera Etle dan sarana prasarana yang lainnya,” ujar Brigjen Pol Drs. Iswyoto.

Selanjutnya ketua Tim Puslitbang Kombes Pol Frans Tjahyono, S.I.K., MH menambahkan penelitian ini menggunakan dua pendekatan yaitu kuantitatif dan kualitatif dimana pengumpulan data dengan melakukan pengisian kuesioner dan interview atau wawancara.

“Hasil dari kegiatan ini dan masukan rekan-rekan, nanti kita laporkan kepada pimpinan,” tambahnya.

Sementara Kasat Lantas Polres Demak AKP Thoriq Aziz STK, SIK, SH, MH, mengungkapkan apresiasi atas upaya Puslitbang Polri dalam melakukan penelitian yang sangat relevan dengan kebutuhan saat ini.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Kapuslitbang yang telah melakukan penelitian di Ekswil Semarang dan Grobogan, semoga kedepan penggunaan ETLE lebih baik dan lebih maju,” pungkasnya.

Munthohar_Ershi

( WGN/ Imam Rochmawi/ Humas Polres Demak )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *